Minggu, 29 Maret 2009

Camat Belawan Harus Cepat Tanggap

Belawan. Tokoh masyarakat Belawan, H Irfan Hamidi berharap Camat Medan Belawan Drs Saiful Helmy yang baru dilantik baru-baru ini, cepat tanggap terhadap laporan masyarakat. “Kita berharap camat yang baru lebih jeli, sigap dan cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada di Belawan,” kata Irfan Hamidi.

Menurut Irfan, saat ini yang paling prioritas untuk diperhatikan adalah bagaimana memfungsikan saluran air (drainase). “Karena tidak adanya perawatan drainase, mengakibatkan debit air tidak dapat lagi tertampung, sehingga meluber hingga ke pemukiman penduduk,” ungkap Irfan Hamidi yang didampingi tokoh pemuda Eddy Syam. Ia menganjurkan adanya semacam upaya yang perlu digalang Camat dalam mengkoordinir para pengusaha, agar lebih peduli terhadap perkembangan pembangunan di Belawan. “Banyak pengusaha di Belawan, tapi tidak ada yang mampu mengkoordinir agar peduli terhadap pembangunan kecamatan ini. Saya melihat, instansi yang ada di Belawan, berjalan sendiri-sendiri,” jelasnya.
Untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Belawan, Irfan Hamidi mengatakan, idealnya Camat berdomisili di Belawan. “Rumah dinas sudah ada untuk ditempati. Dengan berdomisili di Belawan, camat akan mengetahui kondisi Belawan selama 24 jam. Kemudian, kita minta camat dapat menciptakan Belawan lebih indah dibandingkan kecamatan lainnya. Belawan inikan pintu gerbang perekonomian Sumatera Utara,” katanya.
Irfan mengungkapkan, ia bersama empat tokoh masyarakat lainnya seperti HM Junaidi Pangaribuan, M Syafri Sani Tarigan, H Adnan Amars SAg, dan Chairil Amri sudah bertemu dengan Camat. Dalam pertemuan tersebut, mereka telah menyampaikan permasalahan yang menonjol di Belawan, diantaranya masalah lingkungan, sosial dan kependudukan.
Mereka juga menyampaikan sejumlah tuntutan, seperti adanya keberpihakan Pemprov Sumut dan Pemko Medan untuk memprioritas pembangunan di Belawan sebagai daerah penghasil devisa, terutama pemukiman, pasar, jalan dan penyediaan tambahan truk pengangkut sampah.
Sementara itu, Eddy syam yang merupakan tokoh pemuda Belawan menjelaskan, pemberdayaan sumber daya manusia putra Belawan dalam rekrutmen tenaga kerja yang mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang ada. “Jika selama ini komposisinya 80 persen pekerja pendatang dan 20 persen putra daerah, kita minta komposisinya menjadi terbalik. Untuk merealisasikan semua ini, masyarakat siap mendukung program kerja Camat yang baru,” katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Asalamualaikum, wr, wb
Siapa aja bisa beri komentar asal isinya positif dan tidak ada unsur maksiatnya.

Poskan Komentar